Kehidupan SD di Jepang...

     Nah, setelah kemarin sempat menjelaskan tentang kehidupan sma, n smp di jepang sana, sekarang giliran saya menjelaskan tentang kehidupan sd di jepang sana.
      Anak-anak Jepang masuk kelas satu di sekolah dasar pada bulan April setelah ulang tahun mereka ke-6. Dalam satu kelas sekolah dasar terdapat sekitar 30 hingga 40 orang siswa. Mata pelajaran yang mereka pelajari meliputi bahasa Jepang, matematika, sains, ilmu sosial, musik, kerajinan tangan, pendidikan jasmani, dan home economics (belajar ketrampilan memasak dan menjahit yang sederhana seperti yang banyak terjadi di manga-manga atau anime...). Makin banyak sekolah dasar yang mulai mengajarkan bahasa Inggris juga. Teknologi informasi makin banyak dipakai untuk meningkatkan pendidikan, dan kebanyakan sekolah mempunyai jaringan Internet.

Kehidupan SMP di Jepang

Kalo kemaren abis ngomongin tentang kehidupan SMA di jepang , kali ini saya akan membahas tentang kehidupan SMP di jepang sana...
Masuk ke SMP di Jepang yang milik pemerintah daerah masing-masing, biasanya  gratis alias gak bayar dan tanpa tes. Anak-anak wajib masuk ke sekolah sampai jenjang SMP (wajib belajar 9 tahun, miriplah sama di indonesia...). Disamping sekolah-sekolah Negeri, ada juga sekolah-sekolah swasta,di sini tergantung dari sekolah yang dituju, bila SMP yang bagus maka tesnya pun lumayan berat dan ongkosnyapun amat sangat mahal, juga bila ingin masuk SMP milik pemerintah pusat Jepang( beda dengan sekolah milik daerah...), ini pun di tes dan sulitnya minta ampun. Biasanya hanya anak-anak yang pintar saja yang bisa masuk ke sekolah-sekolah tersebut.
Nah....bagaimana dengan ujiannya...., ada 3 macam tes. Tapi bukan tes untuk kenaikan kelas. Karena selama di SMP tidak ada yang tidak naik kelas. Semuanya naik setiap tahunnya( beda banget sama indonesia....).Yaitu tes kemampuan diri sendiri, tes ini niasanya dilakukan sehabis liburan (jisyuryoku), tes pertengahan (chukan testo) dan tes akhir (kimatsu testo). Karena untuk masuk SMA harus mengikuti tes (walaupun nggak semua anak Jepang melanjutkan ke SMA lho,.),

Kehidupan SMA di Jepang sono

Gimana sih kehidupan SMA di jepang sana? pasti banyak yang udah pada tau lewat dorama-dorama atau anime-anime or manga yang udah-udah...Nah sebagai tambahan, nih ulasannya...
Sebagaimana SMA lainnya di Jepang, jam pelajaran pertama dimulai pada pukul 8:45, dan jam pelajaran terakhir (jam ke-6) berakhir pada pkl 15.15. Terdapat 31 jam pelajaran selama 5 hari belajar, yaitu masing-masing 6 jam, dan pengecualian untuk hari Rabu terdapat 7 jam pelajaran. Satu jam pelajaran lamanya 50 menit. Nah...yang diajarkan apa aja sih...ini dia...>.<